Desa Bolang Dapat 4 Titik Bantuan Pamsimas

Desa Bolang Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat “Kementerian Pekerjaan Umum Citra Karya” melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tahun Anggaran 2017. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Bolang Taufik Hanafi, PJS pada Kamis (30/11/2017).
Bantuan Pamsimas tersebut dibangun di 4 titik Kampung Desa Bolang, dikerjakan secara swadaya oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) yaitu: KKM Cahaya Bolang dikomandoi oleh Solahudin.
Taufik Hanafi, PJS Kades Bolang dan Solahudin Ketua KKM Cahaya Bolang
Taufik Hanafi, PJS Kades Bolang dan Solahudin Ketua KKM Cahaya Bolang
Pelaksanaan Pembangunan memberdayakan warga masyarakat setempat sebagai penerima mamfaat bantuan. Keempat sumber air bersih (air minum) ditempatkan di: 1. Kp Pulo Bolang RT/RW 15/02, 2. Kp. Karang Jetak RT/RW 07/02, 3. Kp. Kepaksan dan 4. Kp.Bolang.
Menurut Taufik, pembangunan sumber air bersih layak konsumsi itu, pada waktu dekat akan selesai semuanya dan sudah dapat dinikmati manfaatnya.
Pamsimas yang dibangun di empat tempat lokasi berbeda di Desa Bolang, airnya dipastikan sudah layak minum. Karena sudah diperiksa atau diuji laboratorium (Uji kelayakan Lab) dan mendapat pemeriksaan dari Dinas Kesehatan, dinyatakan sudah layak konsumsi untuk minum, mandi dan cuci.
“Pembangunan 4 sumber air bersih/ air minum, semuanya sudah pasti selesai diwaktu dekat ini,dan sudah dapat dimanfaatkan,” katanya.
Taufik mengatakan, “Setelah pembangunannya selesai dan airnya dapat dimanfaatkan oleh warga, nilai positifnya sangat besar, terutama mengatasi kesulitan air bersih layak minum yang selama ini dirasakan masyarakat. Kemungkinan besar, dengan adanya sumber air bersih itu, pola hidup masyarakat akan berubah, menjadi pola hidup sehat dengan air bersih.”
Program Pamsimas
Program Pamsimas
“Di samping itu, secara tidak terasa, perekonomian akan terbantu. Tidak lagi tergantung air kali untuk kegiatan mandi dan nyuci,“ katanya.
Baca Juga  Pria Tanpa Identitas Di Temukan Tewas Mengenaskan Di Perlintasan Kereta Api
“Nilai positif dengan adanya program Pamsimas ini, pola hidup masyarakat pasti ada perubahan kearah yang lebih baik, dan hidup sehat, justru itulah, diharapkan kepada seluruh masyarakat penerima mamfaat, kesadarannya untuk menjaga, dan memelihara bantuan pemerintah itu, agar dapat dinikmati dengan baik secara berkesinambungan,” terangnya.
Sejalan dengan itu, Solahudin, Ketua KKM Cahaya Bolang sekaligus pelaksana pembangunan Pamsimas Bolang, ditemui di lapangan pembangunan mengaku, “Satu sisi sebagai warga masyarakat pengguna dan penerima mamfaat program pemerintah ini menyambut secara positif dan mengakui manfaatnya cukup besar bagi masyarakat. Moga saja kami warga penerima manfaat ini dengan penuh kesadaran tetap menjaga dan memeliharanya dengan baik. Sehingga mamfaatnya dapat dinikmati dengan baik secara berkelanjutan,” ucapnya.
”Sebagai warga dan pelaksana pembangunan ”KKM Cahaya Bolang” berharap kesadaran seluruh masyarakat penguna dan penerima manfaat, sama-sama merasa memiliki, menjaga dan merawatnya dengan baik, demi suksesnya program dan benar-benar manfaatnya untuk dinikmati bersama,” pungkasnya. (M.M)

Artikel Terkait

Berikan komentar anda dengan sopan
EmoticonEmoticon